header-int

Sistem Informasi

Posted by : Administrator 2019-02-24 Sistem Informasi

Akreditasi Program Studi Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi STMIK Insan Pembangunan saat ini telah terakreditasi dengan predikat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Visi Program Studi Sistem Informasi (S1).

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang Sistem Informasi yang beretika, berintegritas dan berbudaya mampu bersaing secara global.

Misi Program Studi Sistem Informasi (S1).

  1. Melakukan seleksi mahasiswa yang ketat melalui test potensi akademik dan TOEFL.
  2. Menyelenggarakan pendidikan,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang sistem informasi dengan biaya yang terjangkau, dengan menekankan proses pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri.
  3. Menyiapkan tenaga kerja di bidang sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.
  4. Memberikan ketrampilan dan etika profesi di bidang sistem informasi agar mahasiswa memiliki ketrampilan dan beretika.

Definisi dan Pengertian Jurusan Sistem Informasi

Pengertian sederhana, jurusan Sistem Informasi adalah gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokusnya tetap di bidang software (programming), tapi lebih kearah penerapan ke bisnis perusahaan. Oleh karena itu tidak heran banyak mata kuliah ‘berbau’ ekonomi manajemen di jurusan ini.

Agar lebih formal, berikut defenisi jurusan Sistem Informasi yang saya kutip dari situs resmi Sistem Informasi Universitas Indonesia:

“Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut, kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: komputermanajemen dan bisnis.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di ketiga bidang tersebut agar mereka mampu memberikan solusi terkait Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Untuk memberikan kompetensi di bidang komputer, mahasiswa dibekali dengan kemampuan antara lain: pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software, dsb. Kemampuan manajemen diasah melalui kuliah antara lain: prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen proyek, dsb.

Sedangkan pengetahuan tentang bisnis dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti: administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi, pengembangan dan pemasaran produk, perilaku organisasi, dsb. ”

Seperti yang dijelaskan, di jurusan Sistem Informasi kita akan mempelajari cara membuat aplikasi untuk kepentingan bisnis suatu perusahaan. Yang lebih ditekankan adalah aspek “analisis”-nya. Proses analisis ini sangat penting ketika membuat sebuah program.